Perubahan lingkungan pemasaran, yang saling mempengaruhi, dari sudut pandang perusahaan tidak hanya proses pelayanan saja yang akan dinilai oleh pelanggan, akan tetapi mencakup seluruh implementasi dari program bauran pemasarannya. Keterkaitan antara lingkungan pemasaran dengan penilaian pelanggan ini menunjukkan bahwa pergeseran tuntutan pelanggan tidak hanya dipengaruhi oleh implementasi dari program bauran pemasaran saja akan tetapi juga dipengaruhi oleh lingkungan secara keseluruhan. Berkaitan dengan tuntutan pelanggan, organisasi bisnis yang berorientasi ke pasar perlu pemahaman tentang preferensi dan tuntutan pelanggan (customer preferences and requirements) dan untuk memperoleh hasil yang diinginkan diperlukan penggabungan antara fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan dan kemampuan sumberdaya yang ada untuk memuaskan pelanggan.
Jadi intinya adalah bagaimana memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan yang senantiasa bergeser dan berubah, membangun nilai pelanggan, mengelola jasa yang akan disampaikan, melakukan koordinasi antar fungsi di dalam organisasi, membangun kesetian pelanggan, mengamati persaingan dan mendapatlkan keuntungan adalah kunci keberhasilan dalam mengelola jasa.






0 comments:
Post a Comment